Jenis Teh Utama

6 Jenis Teh Utama Yang Perlu Kamu Ketahui

Jika Anda baru mengenal teh (atau bahkan seorang ahli berpengalaman) mungkin ada saat-saat Anda merasa kewalahan dengan semua jenis, gaya, nama, dan klasifikasi teh yang Anda pilih.

Untuk menyederhanakan semuanya, mari kita mulai dari awal dan memecahnya menjadi potongan seukuran gigitan, dimulai dengan enam jenis teh utama.

Pada hari-hari awal penelitian saya, saya percaya bahwa setiap jenis teh – teh hitam, hijau, dan putih, teh oolong dan kuning, dan teh puer berasal dari tumbuhan individu dan unik. Sekarang saya tahu bukan itu masalahnya. Jenis teh sebenarnya ditentukan oleh tahapan dalam metode pengolahan untuk masing-masing teh.

Premium Vector | Types of tea set , porcelain cups with beverage

Semua teh, apa pun jenisnya, memiliki delapan langkah pemrosesan yang umum: pemetikan, penyortiran, pembersihan, pra-pengeringan, pemrosesan khusus untuk jenis teh yang dibuat, pemanggangan dan pengeringan akhir, penyortiran berdasarkan kelas dan akhir, dan pengemasan. Langkah 5 – Perawatan khusus jenis menentukan mana dari enam teh utama tersebut.

Tentu saja, faktor-faktor lain yang mempengaruhi jenis teh, seperti ukuran daun, iklim, tinggi – apakah itu ditanam tinggi atau rendah, jumlah kelembaban, jenis tanah, dan waktu panen, semuanya berkontribusi sampai akhir. hasil.

Namun jenis produksi dan lamanya pengeringan atau oksidasi daun merupakan komponen utama dalam menentukan jenis teh yang akan diproduksi. Apakah itu teh hijau, putih atau kuning yang menerima jumlah oksidasi minimum, teh hitam teroksidasi penuh (atau teh hitam) atau teh oolong yang memiliki berbagai macam oksidasi dan dianggap semi-teroksidasi, tingkat oksidasilah yang menentukan jenis teh.

Sekarang kita akan melihat sekilas masing-masing dari enam teh utama:

Teh hitam – teh hitam benar-benar teroksidasi dan biasanya dibagi menjadi dua kelas; Daun teh utuh dan daun pecah. Teh daun wire mesh dinilai dalam ukuran gradien, dari daun terbesar dan paling tebal hingga partikel terkecil yang disebut fannings atau debu. Daun teh yang rusak terutama digunakan dalam kantong teh dan campuran.

Teh hijau – Ini adalah salah satu yang terbesar dan paling membingungkan dari enam jenis teh utama. Alih-alih menggunakan sistem penilaian, teh hijau menggunakan label. Tetapi dengan lebih dari 3.000 jenis teh hijau yang berbeda di China saja, sangat sulit untuk melacak setiap nama secara terpisah. Jepang juga memproduksi teh hijau, tetapi karena menghasilkan lebih sedikit pola, mudah untuk mengidentifikasi masing-masing pola individualnya.

Untuk menambah kebingungan, tidak ada pedoman standar antar negara untuk penamaan teh hijau, karena setiap negara menggunakan metode penamaan dan identifikasi sendiri.

Teh Putih – Sampai saat ini, Cina adalah salah satu dari sedikit negara yang memproduksi teh putih, dengan teh putih bai hao yin zen (atau jarum perak) yang sangat baik dan bai mei (alis putih). Tetapi Sri Lanka memasuki kompetisi dengan atasan perak Ceylon dan Bai Mu Dan (Peony Putih), yang sama mewahnya dengan teh putih Cina. Banyak negara lain juga memproduksi teh putih, namun sejauh ini tidak satupun dari kedua negara penghasil tersebut yang memproduksi.

Teh Oolong Unggul – China dan Taiwan menghasilkan oolong premium. Alam memberi kedua area kondisi ideal untuk pertumbuhan. Proses produksi yang panjang dan rumit memberikan sisanya dengan berbagai gaya dan rasa, dari manis dan ringan hingga murah hati dan kuat.

Teh kuning – Anda mungkin belum banyak mendengar tentang teh kuning, karena hanya diproduksi di China dan sulit untuk menemukannya karena produksinya sangat sedikit. Juga, karena agak misterius, secara tidak sengaja dijual dan dijual sebagai teh hijau.

Sangat disayangkan, karena teh kuning memiliki keunggulan tersendiri dan memiliki banyak khasiat seperti teh putih dan hijau, dengan langkah ekstra selama pemrosesan yang membuatnya istimewa dan unik.

Teh puerh – Ada dua jenis puerh: shou puerh, yaitu metode untuk mempercepat penuaan yang tersedia dalam bentuk daun yang lepas atau dipres menjadi kue, dan disebut teh mengemis. Sheng pu-erh adalah pola penuaan yang lebih lama yang dikompresi menjadi pengemis dan bentuk lainnya, dan kemudian disimpan dalam ruangan dengan pengatur suhu hingga usia sepuluh hingga lima puluh tahun atau lebih.

Sungguh menakjubkan untuk diingat bahwa masing-masing dari enam teh utama dimulai dengan daun segar yang sama yang diambil dari tanaman yang sama, tetapi dengan sedikit bantuan dari alam dan kelembutan pembuat teh, teh pada akhirnya benar-benar unik bagi diri mereka sendiri.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*