Tips Memulai Bisnis Startup Dengan Modal Minim

Mencoba memecahkan masalah pribadi atau orang-orang pada sekitar merupakan awal yg baik untuk memulai ide sebuah usaha. Mari kita lihat GoJek, dengan gagasan sederhana dimana pengguna ojek bisa merasa lebih tenang dan dengan tarif yang transparan, perusahaan ini dapat melebarkan sayap hingga ke negeri tetangga. Dari ide yang terdapat, tergantung dari pilihan, pilih yang memang amat dibutuhkan masyarakat atau yang dapat dengan mudah meraih revenue. Akan lebih baugs apabila sobat memiliki passionatau pengetahuan di bidang ini karena kedepannya akan bertambah mudah untuk mendeteksi persoalan yang timbul dan memberikan solusi yang tepat.

Waktu perusahaan startup Anda sudah berkembang dan banyak buyer menawarkan bantuan, Agni mengingatkan untuk berhati-hati. Kini memperoleh investor tak hanya untuk modal tapi juga mempertimbangkan model bisnis ke depannya.

Dengan nilai investasi yg lebih kecil, akan jauh mudah dan lebih kecil resikonya bagi investor untuk “menitipkan” uang kepada suatu startup. Jika sobat masih bingung untuk memulai startup apa, sobat bisa mendapatkan ide sederhana dari lingkungan sekitar.

Ketika Anda sudah tidak satu visi dan misi dengan investor sebaiknya mendapatkan yang lain karena sangat mempengaruhi perkembangan bisnis kelaknya. Menurut Agni, saat sebuah startup sudah memiliki benefit dan produk yang bagus di pasar, tak perlu takut untuk kehilangan buyer. Justru akan banyak trader yang datang dan Kita harus hati-hati dalam memilihnya.

MODAL USAHA. Salah satu faktor utama yang meruntuhkan berniat untuk memulai startup adalah modal. Banyak orang yang segudang ide untuk membangun bisnis startup tidak pernah merealisasikannya karena bingung memilih modal. Sekarang ini, permodalah tidak hanya bisa dicapai dari instansi keuangan seperti bank lho sobat.

Pembiayaan usaha dari investor atau crowdfunding bisa menjadi pilihanmu. Investor merupakan individu atau badan keuangan independen yang menyediakan dana untuk membentuk dan menjalankan usahamu. Tergantung dari jenis investornya, ada pula yang ingin dilibatkan dalam pengembangan startup tersebut. Crowdfunding merupakan opsi pendanaan baru dalam dunia permodalan Indonesia. Sistemnya hampir persis dengan investasi pada biasanya, hanya saja kita bukan bergantung pada 1 investor tapi banyak orang. Dapat jadi satu usaha mempunyai 100 atau bahkan 1000 investor dalam jumlah ingusan. Mungkin terlihat merepotkan pada pembagian defiden usaha nantinya, namun cara ini ialah cara yang terhitung cukup cepat dalam mengumpulkan modal.